Adaptasi, Negosiasi yang Asasi

30 Dec 2009

Oleh : Adi Supriadi

Mampukah kita beradaptasi pada setiap lingkungan atau komunitas yang kita masuki? Orang-orang yang sukses telah membuktikan, adaptasi yang mereka lakukan terhadap lingkungannya, membuat mereka menjadi lebih baik. Kita semua dalam kehidupan ini, akan selalu menghadapi situasi yang memaksa kita untuk beradaptasi. Anda yang saat ini bekerja sebagai seorang profesional di kantor misalnya, mungkin akan menghadapi situasi pimpinan yang galak, jam kantor yang ketat, jatah telepon yang dibatasi, akses internet yang dibatasi, teman kantor yang hobi ngegosip, rekan kerja yang mungkin iri dengan prestasi kerja Anda yang melesat, atau situasi kemacetan yang Anda hadapi setiap hari. Sanggupkah Anda beradaptasi menghadapi itu semua?

Bisa tidaknya seseorang beradaptasi dengan lingkungannya bisa dilihat dari cara mereka berbicara. Mereka yang bisa beradaptasi dengan baik akan lebih banyak bicara hal-hal yang positif, selalu bangga akan kantornya, akan pekerjaannya, akan hal-hal penting yang telah mereka lakukan selama ini. Sedang mereka yang tidak bisa beradaptasi akan selalu mengeluh terhadap hal-hal negatif di lingkungannya. Mereka berharap, lingkungan yang akan menyesuaikan diri dengan keinginan mereka. Suatu hal yang jelas tidak mungkin. Bagi mereka yang tidak mau atau tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya, sebenarnya ada pilihan lain. Keluar dari lingkungan tersebut dan mencari lingkungan lain yang “lebih sesuai” dengan kemauannya. Tapi inipun juga bukan hal yang mudah, karena lingkungan lain pun telah mempunyai ciri sendiri, belum tentu lingkungan ini cocok dengan mereka. Itulah sebabnya kita seringkali melihat seseorang yang selalu berganti-ganti pekerjaan dalam waktu yang singkat, dengan alasan yang sangat klasik, tidak ada kecocokan.

Satu hal yang pasti, mereka yang tidak mampu untuk beradaptasi lambat laun akan “punah ; bukan dalam artian fisik, namun lebih ke arah perkembangan mental. Karena setiap apa yang mereka kerjakan, selalu merupakan beban untuk mereka. Sehingga mereka lebih bekerja dengan tenaga, daripada dengan pikiran dan hati. Jadi inti dari adaptasi disini bukan mana lingkungan yang cocok dengan saya, namun bagaimana saya bisa cocok dengan lingkungan Bagaimana dengan diri kita saat ini, seberapakah adaptasi yang telah kita lakukan dengan lingkungan kita di kantor, di rumah tangga, di kehidupan bertetangga, di komunitas eksekutif tempat kita bergabung, maupun di lingkungan-lingkungan lain tempat kita bersosialisasi? Semakin besar adaptasi yang kita lakukan, semakin kuat peranan kita di dalam lingkungan tersebut. Orang-orang yang sukses telah membuktikan, adaptasi yang mereka lakukan bukan berarti mereka pasrah 100 % terhadap lingkungannya. Namun mampu bekerja sama dengan lingkungannya untuk menjadi lebih baik. Lakukan adaptasi dan dapatkan hasilnya karena beradaptasi merupakan bentuk negosiasi yang paling asasi. Selamat beradaptasi! **

Adi Supriadi
adikalbar@yahoo.co.id

Diterbitkan Metro Pontianak, 18 Agustus 2008



TAGS 2008 Adaptasi Negosiasi Asasi


-

Author

Follow Me